Jangan Mencela Saudaramu yang Terjerumus dalam Kesalahan , Dosa, dan Maksiat

Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata, “…bahwa (dosa) engkau mencela saudaramu karena melakukan suatu dosa (bisa jadi) lebih besar dan lebih parah daripada dosa saudaramu itu karena dalam celaanmu itu terdapat perasaan takjub terhadap ketaatan(mu), mensucikan diri, membanggakan, menyebut-nyebutnya, dan mengklaim (dirimu) bersih dari dosa itu (dengan sombong), sementara (disisi lain, engkau merendahkan) saudaramu itu terjatuh kedalamnya” (Madarijus Salikin,Ibnul Qoyyim 1/195)

Wahai jiwa yang menggap diri suci,
Celaan terhadap saudaramu berarti mengklaim dirimu, taat, suci dan bebas dari dosa.

Adapun saudaramu mungkin telah mengakui dosanya dan engkau malah memupuskan harapannya untuk bertaubat, engkau telah menjadi penolong syetan dengan menghinanya.

Saudaramu telah terjerumus dilubang gelap yang akan membinasakannya, engkau malah membuat lubangnya semakin dalam, bahkan engkau enggan mengulurkan tali dan tanganmu untuk mengeluarkan dirinya dalam sumur dosa.

Wahai jiwa,
Rintihan jiwa, kerendahan , ketundukan, dan tangis serta penyesalan saudaramu yeng berdosa lebih baik dan bermanfaat bagi dirinya daripada sikap banggamu dan mendakwakan dirimu taat, merasa diri lebih baik dari yang lain.

Bisa jadi penyesalannya, usahanya untuk bangkit, rasa hinanya dihadapan Allah lebih mendekatkam dirinya kepada Allah dan syurga.

Sementara rasa banggamu akan amal, merasa diri lebih baik akan menatangkan kebencian dari Allah dan menjauhkan engkau dari syurga-Nya.

Saudaraku, bencilah perbuatan maksiatnya, tapi jangan caci dan hina para pelakunya.

Salam Santun
Dari saudaramu yang banyak dosa.


ABIK, Batam 25 November 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s