tumblr_nlbx4ityss1u5cr2do1_1280

Saudaraku, segala sesuatu itu butuh proses, dan sudah menjadi ketentuan dan sunnatullah bahwa ada dan terjadinya sesuatu itu butuh proses. Maka penting kita pegang kaidah dalam dakwah, berubah itu butuh waktu. Seseorang tidak bisa berubah secara sempurna sekaligus, ia butuh proses, perenungan dalam dirinya, pembelajaran, diskusi panjang, keteladanan, ilmu dan pengalaman.

Ia butuh waktu untuk memantapkan niat dan tekadnya untuk menerapkan nilai-nilai baru yang diterimanya sebagai ganti dari keyakinan-keyakinan lama yang dipegangnya. Dan ia butuh saudara-saudara yang mendukung dan menguatkannya serta menemaninya dalam berproses menjadi lebih baik.

Maka hargailah setiap orang berproses menjadi lebih baik, temani ia, rengkuh ia, rangkul dengan penuh kelembutan, bimbing ia agar bisa melalui tahapan-tahapan proses yang dilaluinya untuk menjadi yang lebih baik.

Maka mari kita hargai setiap potensi kebaikan dan jiwa yang hanif yang dimiliki oleh saudara kita. Mari berlapang dada atas-atas kekurangan-kekurangan dan ketidak sempurnaan dirinya dalam mengamalkan syariat Allah dan Rasul-Nya.

Alangkah indahnya ketika kita memperhatikan suadara-saudara disekeliling kita dengan pandangan selalu menginginkan kebaikan atas setiap yang kita jumpai dan mendoakannya agar menjadi lebih baik . Maka sejatinya, orang yang shalat 5 waktu sendirian lebih baik ketimbang yang tidak shalat, maka mari kita bantu ia berproses dari yang tidak shalat menjadi shalat, dari yang shalat bolong-bolong menjadi shalat yang lengkap lima waktu, dari yang shalat sendirian dirumah menjadi orang yang komitment memelihara shalat berjamaah dimesjid.

Begitu juga dengan saudari-saudari kita yang belum sempurna menggunakan hijabnya. Mari kita bantu ia berproses dari yang tidak berjilbab menjadi berjilab, dari jilbab yang masih pakai pakaian ketat menjadi yang berpakain longggar, dari jilbab yang pendek menjadi jilbab yang panjang, dari jilbab stylish menjadi jilbab syar’i, dan puncaknya mengunakan cadar. Begitu juga dengan dari yang tidak sesuai sunnah beralih mengikuti sunnah, dan proses-proses yang lainnya yang dialaminya, bantu ia menjadi lebih sempurna.

Salam santun
Dari saudaramu yang selalu menginginkan kebaikan untuk semuanya

ABIK