Tags

, , ,

Saudaraku, sesungguhnya ada berjuta orang baik yang tidak pernah kita kenal dan ketahui keberadaannya. Yang kebaikannya tidak terekspose oleh media, tidak tercatat dalam sejarah, tidak termaktub dalam kitab-kitab, hanya Allah yang mengetahui keaadaan mereka. Dalam ketidakterkenalan mereka, mereka mungkin lebih mulia dari kita, lebih taat dari kita, lebih banyak kebajikannya, mungkin ilmunya tidak seberapa tetapi rasa takut dan takwanya kepada Allah melebihi orang-orang yang ilmunya banyak tapi rasa takutnya kepada Allah sedikit.

Mereka tidak gila popularitas, mereka tidak membutuhkan sanjungan dan pujian dari makhluk, yang terpenting bagi mereka adalah penilaian dan posisi mereka disisi Sang Pencipta nya. Karena bagi mereka menjadi baik dan hebat bukan diukur seberapa popular dan terkenal mereka, dan bagi meraka menjadi  baik tidak mesti harus terkenal. Makanya meraka memilih tidak dikenal, meraka berusaha menyembunyikan ketakwaan dan amal-amal meraka dari pandangan manusia, meraka berusaha untuk selalu memiliki amal-amal rahasia yang tidak diketahui orang banyak.

Mereka mencintai pilihan hidup yang juga dicintai Allah, seperti sabda Rasulullah, “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang sembunyi-sembunyi, miskin, bertakwa dan berbuat kebaikan. Jika meraka tidak tampak meraka tidak dicari orang, apabila mereka tampak meraka juga tidak dikenali orang. Hati meraka adalah pelita petunjuk. Mereka keluar dari segala cobaan yang buta dan gelap”

Maka saudaraku, berbahagialah menjadi orang baik,hebat dan mulia tanpa gila atau ingin dikenal manusia. Karena menjadi baik tidak serta-merta harus dikenal.

Batam, 3 Februari 2013